Minggu, 09 Mei 2010

Succes unas

SBY Beri Selamat Tiga Peraih Nilai Unas SMP Tertinggi
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan apresiasi kepada tiga siswa SMP yang memperoleh nilai ujian nasional (unas) tertinggi. Kemarin (8/5) SBY menyampaikan ucapan selamat kepada tiga siswa berprestasi itu melalui telekonferensi dari pendapa kediamannya di Puri Cikeas, Bogor.

Tiga siswa yang ditelepon langsung oleh SBY itu adalah Ni Kadek Indra Puspayanti dari SMP Negeri 1 Abiansemal, Badung; Ni Made Yuli Lestari dari SMP Negeri 1, Gianyar; dan Fitriyan Dwi Rahayu dari SMPN 1 Karanganyar, Kebumen. Mereka meraih nilai tertinggi unas SMP, yakni 39,80 atau rata-rata 9,95.

''Bagaimana perasaannya dapat nilai tertinggi?'' Sapa SBY kepada Kadek Indra dan Made Yuli yang berada di Bali. Dua siswi yang saat itu didampingi Gubernur Bali I Made Mangku Pastika tersebut menjawab dengan antusias. ''Saya sangat bangga mendapatkan nilai tertinggi,'' jawab mereka secara bergantian.

Pertanyaan senada juga dilontarkan SBY kepada Fitrian di Kebumen. Ketiga siswi tersebut meraih nilai sama. Yakni, bahasa Indonesia 10, matematika 10, IPA 10, dan bahasa Inggris 9,8.

''(Nilai bahasa Inggris) cuma 9,8. Jangan sedih. Bahkan, nilai bahasa Inggris ananda Ryan lebih baik daripada nilai bahasa Inggrisnya Bapak SBY,'' ujar presiden yang disambut tepuk tangan dan tawa hadirin.

SBY sempat menanyakan persiapan tiga siswa tersebut dalam menghadapi unas hingga meraih nilai tertinggi. ''Sering latihan soal-soal ujian,'' jawab mereka hampir senada. Saat telekonferensi itu, SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, dan Wakil Mendiknas Fasli Jalal.

SBY juga berkomunikasi dengan kepala sekolah yang sekolahnya meraih nilai rata-rata unas tertinggi. Yakni, SMPN 1 Denpasar, Bali, dan SMPN 1 Tulungagung, Jatim. Presiden juga mengucapkan selamat atas prestasi Bali dalam unas SMP tahun ini. ''Ibarat kejuaraan, Bali boleh saya katakan mendapatkan empat medali emas,'' kata SBY.

Selain dua siswanya meraih nilai unas tertinggi, Bali merupakan provinsi dengan persentase angka kelulusan (tidak meng­ulang unas) tertinggi, yaitu 98,6 persen. Bali juga meraih rata-rata nilai unas tertinggi, yakni 9,38 yang diraih SMP Negeri 1 Denpasar. ''Pak Agung, selamat. Selamat juga kepada para guru. Sampaikan salam saya kepada beliau-beliau yang terus bersemangat dan penuh keikhlasan mendidik siswa-siswinya,'' kata SBY dengan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Denpasar Anak Agung Gde Agung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar